Minggu, 05 April 2015

KUNCI KEBERHASILAN SEORANG PEMIMPIN


Seorang Pemimpin mempunyai Kunci Keberhasilan. Maukah Pemimpin berhasil? Keberhasilan adalah kerinduan setiap orang.pemimpin Meski berbagai-bagai usaha dilakukan tidak semua orang berhasil. Firman Tuhan memberikan kunci keberhasilan. Uzia adalah raja Yehuda yang dapat memerintah selama lima puluh tahun. Keberhasilannya dan lamanya memerintah bangsa Yehuda dikarenakan ia selalu mencari TUHAN.  Selama ia mencari TUHAN, Allah membuat segala usahanya berhasil.
Mungkin segala usaha sudah saudara tempuh namun belum berhasil. Baik di dalam membangun ekonomi, dalam pendidikan, dalam keluarga, dan berbagai-bagai hal. Inilah rahasianya carilah TUHAN dalam segala usaha saudara, maka ALLAH akan membuat segala usaha saudara berhasil

1.Pelajari Kesalahan

Pekerjaan, usaha atau bisnis apapun yang pernah kita lakukan lalu gagal, pasti punya kesalahan, baik faktor diri kita, orang lain atau sering dibilang banyak orang yaitu “faktor keberuntungan”. Disini saya mencoba menguraikan faktor-faktor tersebut.

Faktor diri kita, sering kali tanpa kita sadari kita telah bekerja sebaik mungkin, berusaha sebaik mungkin dan berbisnis sebaik mungkin, namun tiba-tiba kita disalahkan yang menyebabkan semua yang kita inginkan dan impikan hilang begitu saja karena kesalahan yang di bebankan kepada kita. Sahabat pembaca untuk mengatasi semua ini sebenarnya kembali kepada diri kita sendiri, kepada apa yang kita kerjakan dan usahakan. Sering kali tampak kita sadari orang lain atau atasan kita tidak senang dengan cara kita, padahal cara kita sudah sesuai prosedur aturan kerja atau usaha anda.

Disini kita harus cepat menyesuaikan diri karena kesalahan itu bisa saja karena orang lain namun kita yang dikorbankan, penyesuain yang saya maksudkan disini adalah selain kita mengikuti aturan yang ada, terkadang aturan itu membuat suatu kondisi mendesak kita selalu melanggarnya, sebaiknya ketika dalam keadaan seperti ini cepatlah konsultasi kepada atasan anda atau bertanya kepada rekan bisnis anda, apa yang harus dilakukan. Jangan ambil tindakan sendiri, ingatlah dalam suatu pekerjaan dan usaha selalu ada orang lain selain kita, baik itu bawahan kita atau atasan kita.

Banyak usaha yang kita lakukan gagal misalnya cobalah sebelum anda memulainya pelajari terlebih dahulu, terlebih lagi anda pernah gagal dalam usaha tersebut, pasti ada penyebabnya, penyebab itu lah yang akan menunjukkan kita. Anda jangan berhenti berusaha, HANYA ORANG YANG BERHENTI BERUSAHA SAJA YANG BISA DIKATAKAN GAGAL, TAPI JIKA ANDA TERUS BERUSAHA DENGAN SEGALA KEMUNGKINAN YANG ADA, ANDA BELUM GAGAL.

Petunjuk untuk mengetahui kesalahan kita adalah saingan kita, teman dekat kita dan usaha itu sendiri, cepatalah cari petunjuk dari semua penyebab kesalahan anda yang membuat anda gagal, dan langsung perbaiki, jangan anda tunda, MENUNDA SESUATU PERBAIKAN SAMA SAJA MEMBUAT ANDA TERUS BERMIMPI MENDAPATKAN APA YANG ANDA INGINKAN.

Faktor berikutnya adalah orang lain, sebenarnya sangat mudah untuk mengatasi faktor gagal karena orang lain, misalnya karena atasan anda yang tidak suka kepada anda, atau rekan bisnis anda yang tidak inginkan kehadiran anda dibisnis yang sedang anda lakukan. Langkah yang paling mudah, DITINGGALKAN MEREKA, JANGAN MEMAKSAKAN USAHA YANG JELAS-JELAS ANDA LIHAT TIDAK ADA KEMUNGKINAN BERHASIL, REJEKI ITU DATANG BUKAN KARENA SATU ORANG, TAPI KARENA ANDA MEMILIKI BANYAK ORANG DISEKITAR ANDA. Jadi cepatlah cari kesimpulannya TINGGALKAN ATAU LANJUTKAN, cukup itu cara yang saya berikan untuk menghadapi penyebab gagal anda karena orang lain, di dunia ini tidak hanya dia dan dia yang hidup dan berada di lingkungan anda tapi ada saya, mereka dan masih banyak orang lain yang tertarik dengan pekerjaan dan bisnis anda.

Faktor ke 3 adalah faktor keberuntungan, dari semua usaha yang kita lakukan, jika kita berhasil ada saja orang yang berkata DIA LAGI BERUNTUNG, sahabat pembaca jika kita tidak berhasil mereka akan berkata lagi  DIA SEDANG SIAL, lalu dimana 2 faktor sebelumnya, faktor diri sendiri dan orang lain….,cukup anda berpikir, jika anda sedang berusaha jauh-jauhkanlah faktor ini, faktor yang selalu mengatakan kalau berhasil beruntung, kalau gagal kita lagi sial, itu hanya permainan pikiran kita untuk menenangkan kita ketika kita tidak berhasil, padahal semau ketidak berhasilan itu ada penyebabnya.

Saya contohkan kepada usaha yang menjual es krim, ketika lagi hujan anda akan berkata sial mengapa hujan, akhirnya es krim anda tidak laku, kalau saya sarankan jangan salahkan si HUJAN, tapi salahkan diri anda, anda yang tidak mempunyai cukup ilmu pengetahuan dengan memperkirakan cuaca, yang sebenarnya bisa anda dapatkan di Badan Meteorogi atau berita bahwa bulan ini akan terjadi musim hujan, cepatlah cari  usaha lain, tapi bukan berarti menstop usaha es krim anda, hanya memproduksi tidak sebanyak waktu musim panas.


INGATLAH SELALU “HANYA KETIKA ANDA BERHENTI BERUSAHA KATA GAGAL ITU AKAN HADIR DALAM KEHIDUPAN ANDA, TAPI JIKA ANDA TERUS BERUSAHA DENGAN SEGALA KEMUNGKINAN YANG ANDA KEBERHASILAN ADA DI DEPAN ANDA
2.Pelajari Kegagalan
Pengalaman adalah guru yang terbaik, saya setuju itu, tapi bukan berarti kita mengalami gagal dulu baru kita berhasil yang ini paling saya tidak setuju, pengalaman itu bisa didapatkan dari orang yang sudah mengalami kegagalan tersebut, jangan diulangi langkah mereka atau mengulangi dengan persiapan yang cukup untuk kemungkinan berhasil.

Sudah jelas hari ini hujan kita keluar rumah ke mini market tampa ada persiapan untuk supaya tidak hujan, kita jalan saja ke mini market tersebut tentu kita kebasahan. Dari jaman sebelum kita mengenal payung sampai ada jas hujan sekarang ini bukan berarti pengalaman orang yang dulu kehujanan harus kita lakukan lagi, tapi kita coba cari cara gimana supaya tidak kebasahan, kehujan boleh tapi tidak basah tubuh kita.

Terkadang jika kegagalan itu membuat kita trauma sulit kita mempelajarinya, karena kenangan yang pahit misalnya ketika melakukannya waktu itu. Ada baiknya alihkan usaha anda atau pekerjaan anda ke pekerjaan lain tentunya di sesuaikan dengan kemampuan anda, jangan pernah paksakan suatu usaha jika itu diluar kemampuan anda, anda akan mengalami kegagalan berikutnya, tapi jika anda sudah siap, apapun tantangan itu, maju terus sampai ada kata berhenti BERHASIL ATAU GAGAL.

.3.Persiapkan Pendukung
Pendukung yang saya ingin sampaikan adalah semua potensi kemampuan yang anda miliki, sekecil apapun itu persiapkan semuanya. Terkadang waktu kita berusaha ketika kemampuan kita sudah siap, alat pendukung sudah punya, tapi anda terhenti karena permasalah pribadi anda sendiri.

Jadi sebaiknya cepat selesaikan permasalahan tersebut, tapi jika anda tidak bisa TINGGAL SAJA PERMASALAHAN TERSEBUT, lalu konsentrasi dengan impian dan target yang anda ingin raih. Setelah selesai anda mendapatkan apa yang anda inginkan, akan lebih mudah anda menyelesaikan permasalahan pribadi anda. Begitupun ketika menghadapi masalah yang menggangu konsentrasi anda, TINGGALAKAN SEMENTARA WAKTU, sampai anda mendapatkan kata BERHASIL ATAU GAGAL, selanjut fokus dengan permasalahan anda tersebut.

Persiapaan yang terutama adalalah persiapan diri anda sendiri, anda tidak ada gangguan dengan masalah pribadi atau dengan orang lain, jika ada dan belum bisa anda selesaikan, tinggalkan saja dulu. Persiapan selanjutnya adalah alat pendukung untuk anda mendapatkan apa yang anda inginkan, semuanya anda gunakan untuk mencapai keinginan anda tersebut.



4.Konsentrasi Kepada Target
Ketika anda sudah siap dan tak ada gangguan dari orang lain dan permasalahan anda sendiri, dan alat pendukung sudah siap. Perkuatlah kemauan anda untuk mencapai target yang anda inginkan dengan konsentrasi penuh terhadap target.

Untuk mencapai target, kita perlu proses dan biasanya ketika dalam proses tersebut semangat kita jatuh mungkin karena kita memperkirakan tidak akan berhasil atau karena pengaruh gosip pihak ketiga yang menginginkan kita tidak berhasil. Sahabat ingatlah ketika dalam proses usaha anda CUKUP PIKIRKAN DAN LAKSANAKAN PROSES SESUAI DENGAN RENCANA  AWAL YANG ANDA SUDAH PERSIAPKAN, andaipun meleset , jangan sampai terlalu jauh, namanya rencana tidak selamanya sesuai dengan proses yang kita lakukan. Jadi ketika proses itu terhadap tidak sesuai dengan rencana kita, cepatlah kembalikan kepada arah tujuan target kita.

Tidak pernah ada masalah ketika dalam pencapain target yang kita inginkan kita punya cara berbeda,  karena situasi dan kondisi yang memaksakan kita melakukannya, tapi pada intinya jangan keluar jalur terhadap target anda. 

Saya contohkan ketika kita ingin membeli sabun mandi ke mini market, saat itu hujan, dan kita tidak punya alat apapun untuk membuat tubuh kita tidak basah, nah…disinilah cara dan pola pikir anda yang diperlukan, ANDA MEMENTINGKAN TARGET ATAU PROSES, UTAMAKANLAH TARGET. Jadi jangan permasalahkan kebasahan ketika anda kehujanan menuju mini market itu yang penting sabun mandi anda kebeli, dan disana anda juga bisa beli obat masuk angin dan lain-lainnya untuk mengantisipasi efek negatif dari kebasahan karena hujan tersebut.
Karen belum tentu anda masuk angin, atau sakit setelah kehujan tersebut, tapi yang pasti and kebasahan karena hujan tersebut dan anda sudah persiapakan jika terjadi efek negatifnya.
UTAMAKAN TARGET  DAN JANGAN UTAMAKAN  PROSES, PROSES KITA ANTISPASI DENGAN PROSES BERIKUTNYA.

5. Selesaikan Satu per Satu
Setelah anda bisa konsentrasi dan punya persiapan yang baik, langkah selanjutnya adalah anda selesaikan satu persatu rencana anda untuk mencapati target anda tersebut.
Saya dapat contohkan ketika kita membangun rumah, anda tidak bisa membangun atap rumah tampa ada pondasi dan tiang rumah tersebut, jadi apapun permasalahannya carikan solusinya bagaimana caranya pondasi dan tiang bisa terpasang.
Permasalahannya mungkin banyak, ketika anda mencoba membangun pondasi dan tiang tersebut, tapi permasalahan tersebut bisa anda uraikan terlebih dahulu, dan selesaikan lah SATU PER SATU, sesuai langkah untuk membangun pondasi dan tiang tersebut.
Sahabat, jangan pernah melompat ke proses berikutnya ketika anda belum menyelesaikan proses pertama karena resiko tidak berhasilnya akan lebih banyak anda temui, saya dapat contohkan ketika  ingin naik tangga ke lantai 2, anda tidak akan bisa naik ke lantai dua tersebut sebelum anda, melangkahi dan naik ke traft tangga pertama, pelan namun pasti sampai ke 21 anak tangga tampa anda sadari anda telah lewati, akhirnya anda di lantai 2.
Oke..sahabat pembaca , bukan untuk memintari anda saya menulis atau merasa saya lebih bisa, tapi saya menulis sekedar dari kutipan berbagi pengalaman saya dan teman-teman lain….TETAP SEMANGAT …WALAU RINTANGAN DAN TANTANGAN PERTAMA ANDA BELUM SELESAI ANDA LEWATI, TERUSKAN USAHA ANDA, HANYA ORANG YANG BERHENTI BERUSAHA MENGALAMI KEGAGALAN, TAPI YANG TERUS BERUSAHA, KEBERHASILAN ITU MENDEKATINYA.

Saran terbaiknya keberuntungan itu KITA YANG MENCIPTAKAN, TERCIPTA KARENA KEMAMPUAN DIRI KITA DAN ORANG LAIN DI SEKITAR KITA. Semangat bekerja ….JANGAN PERNAH BERHENTI BERUSAHA KALAU KAMU TIDAK INGIN DIKATAKAN GAGAL.


Kegagalan itu penting jika kita memiliki persepsi dan sikap yang tepat mengenai kegagalan. Banyak orang berpikir bahwa orang-orang sukses adalah mereka yang selalu berhasil dalam setiap usahanya dan orang yang mengalami kegagalan tidak mungkin meraih keberhasilan. Seseorang dikatakan gagal jika ia memutuskan menyerah sebelum berusaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar