Kamis, 07 Maret 2013

KONFLIK - PERSETERUAN






1.Artian Perseteruan Konflik
    Konflik berasal dari kata kerja Latin configure  yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih dalam Perseteruan(bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya, kita semua tau mendengar dan melihat secara langsung di media media maupun tidak langsung perseteruan kelompok atau pribadi untuk tujuan masing masing kehendak banyak sekali hal hal yang tidak masuk akal pikiran kita apa tujuan mereka  dalam konplik perseteruan ini coba kita sadari bersama apa untung dan ruginya melakukan suatu kepentingan pasti semua ada penyebnya.

2.  Jenis dan Sumber Konflik  
a. Jenis-Jenis Konflik
Menurut Dahrendorf, konflik dibedakan menjadi 4 macam :
* Konflik antara atau dalam peran sosial (intrapribadi), misalnya antara peranan-peranan 
  dalam keluarga atau  profesi konflik peran (role)
* Konflik antara kelompok-kelompok sosial (antar keluarga, antar gank).
* Konflik kelompok terorganisir dan tidak terorganisir (polisi melawan massa. antar instutusi).
* Koonflik antara satuan nasional (kampanye, perang saudara)
* Konflik antara antar agama (Ras )
* Konflik antar politik (partai maupun golongan )
* Konflik antara pribadi (ketersingguan , kesalah paham , emosi )
* Konlik antar negara (Perang.teknologi..informasi ekonomi cyber crime )

b. Sumber-Sumber Konflik 
Menurut Robbins (1996), konflik muncul karena ada kondisi yang melatar - belakanginya (antecedent conditions). Kondisi tersebut, yang disebut juga sebagai sumber terjadinya konflik, terdiri dari beberapa ketegori, yaitu: - -   - 
 - komunikasi, 
 -  struktur
 - variabel pribadI 
 - Kepentngan variable   

Komunikasi yang buruk, dalam arti komunikasi yang menimbulkan kesalah - pahaman antara pihak-pihak yang terlibat, dapat menjadi sumber konflik. Suatu hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan semantik, pertukaran informasi yang tidak cukup, dan gangguan dalam saluran komunikasi merupakan penghalang terhadap komunikasi dan menjadi kondisi anteseden untuk terciptanya konflik. 
Karakteristik kepribadian yang menyebabkan individu memiliki keunikan (idiosyncrasies) dan berbeda dengan individu yang lain. Kenyataan menunjukkan bahwa tipe kepribadian tertentu, misalnya, individu yang sangat otoriter, dogmatik, dan memandang rendah orang lain, merupakan sumber konflik yang potensial. 
Perbedaan individu yang meliputi perbedaan pendirian dan perasaan. Setiap manusia adalah individu yang unik.  Artinya, setiap orang memiliki pendirian dan perasaan yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Perbedaan pendirian dan perasaan akan sesuatu hal atau lingkungan yang nyata ini dapat menjadi faktor penyebab konflik sosial.

Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda Seseorang sedikit banyak akan terpengaruh dengan pola-pola pemikiran dan pendirian kelompoknya. Pemikiran dan pendirian yang berbeda itu pada akhirnya akan menghasilkan perbedaan individu yang dapat memicu konflik.

Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok Manusia memiliki perasaan, pendirian maupun latar belakang kebudayaan yang berbeda. Oleh sebab itu, dalam waktu yang bersamaan, masing-masing orang atau kelompok memiliki kepentingan yang berbeda-beda. Kadang-kadang orang dapat melakukan hal yang sama, tetapi untuk tujuan yang berbeda-beda.

3. Strategi Penyelesaian Konflik

a.Menghindar
     Menghindari konflik dapat dilakukan jika isu atau masalah yang memicu konflik tidak terlalu penting atau jika potensi konfrontasinya tidak seimbang dengan akibat yang akan ditimbulkannya. Penghindaran merupakan strategi yang memungkinkan pihak-pihak yang berkonfrontasi untuk menenangkan diri. Manajer perawat yang terlibat didalam konflik dapat menepiskan isu dengan mengatakan “Biarlah kedua pihak mengambil waktu untuk memikirkan hal ini dan menentukan tanggal untuk melakukan diskusi”

b. Mengakomodasi
    Memberi kesempatan pada orang lain untuk mengatur strategi pemecahan masalah, khususnya apabila isu tersebut penting bagi orang lain. Hal ini memungkinkan timbulnya kerjasama dengan memberi kesempatan pada mereka untuk membuat keputusan. Perawat yang menjadi bagian dalam konflik dapat mengakomodasikan pihak lain dengan menempatkan kebutuhan pihak lain di tempat yang pertama.

c. Kompetisi
     Gunakan metode ini jika anda percaya bahwa anda memiliki lebih banyak informasi dan keahlian yang lebih dibanding yang lainnya atau ketika anda tidak ingin mengkompromikan nilai-nilai anda. Metode ini mungkin bisa memicu konflik tetapi bisa jadi merupakan metode yang penting untuk alasan-alasan keamanan.

d. Kompromi atau Negosiasi
    Masing-masing memberikan dan menawarkan sesuatu pada waktu yang bersamaan, saling memberi dan menerima, serta meminimalkan kekurangan semua pihak yang dapat menguntungkan semua pihak.

e. Memecahkan Masalah atau Kolaborasi
     Pemecahan sama-sama menang dimana individu yang terlibat mempunyai tujuan kerja yang sama. Perlu adanya satu komitmen dari semua pihak yang terlibat untuk saling mendukung dan saling memperhatikan satu sama lainnya.

4. Motivasi

     Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan. Motivasi bukanlah sesuatu yang dapat diamati, tetapi merupakan hal yang dapat disimpulkan adanya karena sesuatu perilaku yang tampak.

5. Teori Motivasi 
                                   A. Teori X dan Teori Y Mc Gregor

Anggapan-anggapan yang mendasari teori X :
a)  Rata-rata para pekerja itu malas, tidak suka bekerja dan akan menghindarinya bila dapat.
b)   Karena pada dasarnya pekerja tidak suka bekerja, maka harus dipaksa, dikendalikan, dipelakukan dengan 
     hukuman, dan diarahkan untuk pencapaian tujuan organisasi.
c)  Rata-rata para pekerja lebih senang dibimbing, berusaha menghindari tanggung-jawab, mempunyai ambisi 
    yang kecil, keamanan drinya di atas segala-galanya.

Anggapan-anggapan yang mendasari teori Y :
a)  Usaha phisik dan mental yang dilakukan manusia dalam bekerja adalah kodrat manusia, sama halnya 
    dengan bermain atau beristirahat.
b)  Rata-rata manusia bersedia belajar, dalam kondisi yang layak, tidak hanya menerima tetapi mencari 
    tanggung-jawab.
c)  Ada kemampuan yang besar dalam kecerdikan, kreativitas dan daya imajinasi untuk memecahkan masalah-
    masalah organisasi yang secara luas tersebar pada seluruh karyawan.
d)  Pengendalian ekstern dan hukuman bukan satu-satunya cara untuk mengarahkan usaha pencapaian tujuan 
    organiasasi.
e) Keterikatan pada tujuan organisasi adalah fungsi penghargaan yang diterima karena prestasinya dalam 
   pencapaian tujuan itu.
f)  Organisasi seharusnya memberikan kemungkinan orang untuk mewujudkan potensinya, dan tidak hanya 
   digunakan sebagian.

Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, menurut Maslow ada 5 kebutuhan dasar manusia yang membentuk hirarki kebuthan
  1  Kebutuhan Fisiologis
  2. Kebutuhan Keamanan 
  3. Kebutuhan Sosial
  4. Kebutuhan Penghargaan 
  5. Kebutuhan Aktualisasi Diri

                                 B. Teori Motivasi Berprestasi Mc Clelland

        Menurut Mc Clelland, seseorang dianggap mempunyai motivasi prestasi yang tinggi, apabila dia mempunyai keinginan untuk berprestasi lebih baik dari pada yang lain dalam banyak situasi. Mc Clelland memusatkan perhatiannya pada tiga kebutuhan manusia yaitu :
      
      1. Kebutuhan Prestasi
      2. kebtuhan Afiliasi
      3. Kebutuhan Kekuasaan
  
                                 C,Teori Motivasi Dua faktor Herzberg

       Menurut Herzberg ada dua faktor yang mempengaruhi motivasi kerja seseorang dalam organisasi, yaitu :
a)  pemuas kerja (job satisfier) yang berkaitan dengan isi pekerjaan.
b) penyebab ketidakpuasan kerja (job dissafisfiers) yang bersangkutan  dengan suasana pekerjaan Satisfiers disebar motivators. (dissatifiers disebut faktor-faktor yang higienis)

2 komentar:

  1. Mantabs .. .
    serasa kuliah lagi materi manajemen konflik

    BalasHapus
  2. siap komandan ali mahtum hahaha yah benar komandan seharusnya para Pemimpin atau eakil Rakyat harus tau dengan Managament Konflik mereka lebih memahami nanti kesusahan rakyatnya kalau terjadi konflik jangan membuat konlik..hehe

    BalasHapus